Sabtu, 15 Mei 2010

DASA DHARMA PRAMUKA


Pramuka itu :
Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Setiap anggota Pramuka, harus percaya dengan adanya Tuhan Yang Maha Esa. Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
Setiap anggota Pramuka harus menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial, maka kita harus menumbuhkan rasa menyayangi kepada sesama manusia dan terhadap makhluk-makhluk hidup yang lain.

Patriot yang sopan dan ksatria
Setiap anggota Pramuka, harus punya jiwa mencintai terhadap tanah air dengan cara yang sopan dan bertanggung jawab.

Patuh dan suka bermusyawarah
Setiap anggota Pramuka, harus menghargai hak-hak orang lain, maka apabila ada suatu masalah yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak maka harus diputuskan berdasarkan keputusan orang banyak pula.Dan kita harus mematuhi dengan keputusan tersebut.

RELA MENOLONG DAN TABAH
Setiap anggota Pramuka, harus punya sifat tanpa pamrih (ikhlas), suka menolong orang lain yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan atau balas jasa dan selalu sabar apabila dalam langkahnya mengalami suatu ujian (cobaan).

RAJIN, TERAMPIL, DAN GEMBIRA
Setiap anggota Pramuka, harus selalu berpenampilan rapi, bersih dan indah, punya jiwa kreatif dan selalu melakukan segala aktivitas (kegiatan) dengan hati riang.

HEMAT, CERMAT, DAN BERSAHAJA
Setiap anggota Pramuka, harus berpikir ke masa depan, selalu bertindak terencana, hemat dalam segala hal, teliti dalam setiap pekerjaan dan punya semangat tinggi.

DISIPLIN, BERANI, DAN SETIA
Setiap anggota Pramuka, harus bisa menghargai waktu, selalu tepat waktu dalam segala hal, berani dalam bertindak dan tidak pernah gentar apabila melewati segala rintangan yang menghadang di hadapannya, serta memegang teguh arti kesetiaan (janji)



BERTANGGUNG JAWAB DAN DAPAT DIPERCAYA
Setiap anggota Pramuka, harus berani menanggung resiko (akibat) dengan tindakan (pekerjaan) yang telah dilakukan dan sangat menghargai arti kepercayaan serta punya pedoman bahwa kepercayaan itu sangat mahal.

SUCI DALAM PIKIRAN, PERKATAAN, DAN PERBUATAN
Setiap anggota Pramuka harus selalu berpikir positif (baik), dalam setiap ucapannya (bicaranya) selalu baik, serta tingkah lakunya bisa menjadi contoh bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar