Sabtu, 15 Mei 2010

Profil Singkat Bung Karno

Ir. Soekarno­­ (6 Juni 1901-21 Juni 1970) adalah Bapak Proklamator Indonesia yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia juga menjadi Presiden Republik Indonesia Pertama yang menjabat pada periode 1945-1966. Dalam kehidupannya, Soekarno mengalami masa-masa yang pahit. Soekarno pernah dipenjara, akibat pidatonya yang menggugah pihak kolonial sehingga dikenal dengan nama Indonesia Mengguggat. Namun, kejayaan Soekarno berakhir pada era tahun 1960-an, setelah munculnya Gerakan yang menelan korban dari para petinggi AD, kondisi rakyat Indonesia menjadi tidak karuan, keamanan juga tidak tenang. Oleh karena itu, Soekarno mengeluarkan Surat Perintah pada tanggal 11 Maret 1966 yang konon sampai sekarang masih kontroversial.

Surat tersebut ditujukan kepada Letjen Soeharto yang isinya untuk mengamankan dan menjaga kewibawaan Soekarno. Akan tetapi, surat tersebut disalahgunakan oleh Soeharto, bahkan dengan surat tersebut Soeharto mengambil langkah-langkah yang tidak sesuai dengan isinya. sehingga kewibawaan Soekarno jatuh akibat dituduhnya Soekarno ikut mendalangi Gerakan tersebut.

Setelah jatuh dalam kursi Kepresidenan dan di ganti oleh Soehator, kondisi Soekarno makin tidak karuan, bahkan oleh pemerintahan Soeharto, Soekarno dipenjarakan dalam status tahanan politik dan tidak boleh menerima dan berkunjung kemana pun, apalagi keluarga maupun saudaranya yang ingin menjenguk.
Setelah 4 tahun dikucilkan dan mendekam di wisma Yaso dan bahkan penyakitnya pun tidak kunjung sembuh, maka Soekarno meninggal pada 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta. Jenazahnya dikebumikan di tempat kelahirannya di Blitar, Jawa Timur.

Selamat Jalan Bung Karno ... !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar